Bina Antarbudaya ( AFS – YES )

Apa sih Bina Antarbudaya itu?

binabud-logo-new

Bina Antarbudaya adalah suatu lembaga yang bersifat non-pemerintah dan nirlaba yang memberikan jalan bagi siswa/i kelas 10 SMA untuk berkesempatan bersekolah di luar negeri dan tinggal bersama keluarga juga bertukar budaya antar negara. Tidak hanya mengirimkan siswa Indonesia untuk mengenalkan budaya dan mengemban kedamaian antar negara,Bina Antarbudaya juga menerima para siswa dari luar negeri.

AFS dan YES adalah program exchange yang berada di hampir seluruh negara di dunia. Di Indonesia,program-program ini berada di bawah naungan Bina Antarbudaya.

Apa sih bedanya AFS dan YES?

AfslogoYES

AFS ( American Field Service ) adalah program exchange yang bersifat Half Scholarship dan destinasi negaranya lebih banyak seperti Amerika Serikat,Amerika Latin,Eropa,dan Asia Pasifik. Sedangkan YES ( Youth Exchange and Study ) adalah program exchange yang bersifat Full Scholarship dan berada di bawah naungan pemerintah Amerika Serikat. Oleh karena itu,destinasi negara untuk program ini hanya Amerika Serikat saja.

Persyaratannya apa aja?

Yang paling penting adalah kalian masih duduk di bangku kelas 10 SMA atau sederajat,mendapatkan persetujuan orang tua dan sekolah,memenuhi ketentuan umur,berkewarganegaraan Indonesia,Ikut serta dan lulus rangkaian seleksi yang diselenggarakan,juga sehat secara fisik,mental,maupun spiritual.

Short program?

Kalau kalian tidak ingin meninggalkan sekolah selama 1 tahun,ada alternatif lain yaitu short program. Ketika program AFS dan YES berlangsung selama 10-11 bulan,short program hanya berlangsung beberapa minggu atau bulan saja.

Caranya mendaftar?

Kalian bisa cek apakah di kota kalian atau kota terdekat kalian terdapat chapter bina antarbudaya. Di situ,kalian bisa cari informasi mengenai persyaratan untuk mengikuti program AFS/YES. Sharing aja,temen-temenku banyak yang berada jauh dari chapter terdekat masing-masing. Aku pun sendiri harus menempuh sekitar 5 jam perjalanan ke chapter terdekat untuk melakukan pendaftaran dan berbagai rangkaian seleksi. Jadi,jangan putus asa!

Source and more information : http://afsindonesia.org/en/study_abroad.html

Kalau ikutan program ini,ninggal sekolah setahun dong?

Ah,itu cetek. Apa yang kalian dapatkan nanti sewaktu menjalani program akan memberikan kalian pengalaman yang sangat berharga dan jauh lebih mengesankan daripada yang teman-teman kalian yang tetap berada pada zona nyamannya saja.

“Tertinggal satu tahun untuk AFS itu bagaikan ketapel, kita ditarik mundur sedikit untuk dilempar sejauh-jauhnya” – Anies Baswedan, salah satu alumni AFS USA.1441635053770

Published by Nisi

Hi readers! I'm Nisi, I'm Indonesian, currently working as an IT Auditor at Big 4 Accounting Firm and was studying Accounting for bachelor's degree at Universitas Indonesia. I was an exchange student in Chiang Rai, Thailand (2015-2016), studying as a high school student at Samakkhiwitthayakhom School, Chiang Rai. I have a huge interest in travelling. I am writing this blog to save memories I could keep. I think this blog is more like a diary to me!

Leave a comment